NPM

109400365 MBTI class H

Senin, 07 September 2009

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA

Seperti yang telah kita bahas pada postingan sebelumnya mengenai ideologi terbuka dan tertutup, maka kali ini saya akan memaparkan beberapa gagasan mengenai Pancasila sebagai ideology terbuka.
Pancasila itu sendiri dianggap sebagai sebuah ideologi dikerenakan, Pancasila memiliki nilai-nilai filsafat mendasar juga rasional. Pancasila telah teruji kokoh dan kuat sebagai sebuah landasan dalam mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu juga, Pancasila merupakan wujud dari konsensus nasional, itu semua karena negara bangsa Indonesia ini adalah sebuah sketsa negara moderen yang telah disepakati oleh para pendiri negara Republik Indonesia kemudian nilai-nilai dari kandungan Pancasila itu sendiri dilestarikan dari generasi ke generasi. Pancasila pertama kali dikumandangkan oleh Presiden Soekarno pada saat berlangsungnya sidang BPUPKI.
Diterangkan bahwa cirri-ciri khas Ideologi Terbuka adalah bahwa nilai-nilai dan cita-citanya tidak dapat dipaksakan dari luar, melainkan digali dan diambil dari harta kekayaan rohani, moral, dan budaya masyarakat itu sendiri.dan ideologi terbuka juga memiliki sifat yang bersifat inklusif atau tidak totaliter, Sehingga membuktikan adanya keterkaitan antara pancasila dan beberapa sifat juga ciri dari ideologi terbuka dimana pancasila sebagai landasan hukum bangsa Indonesia yang juga bersifat saling berkait dan yang berisi suatu orientasi dasar, tapi penerjemahannya ke dalam tujuan dan norma sosial politik yang selalu dapat dipertanyakan dan di sesuaikan dengan nilai-nilai dan prinsip moral yang berkembang disekitar masyarakat.
Dimana ideologi pancasila juga mendasarkan pada hakikat sifat sera kodrat manusia sebagai makhluk individu dan juga makhluk sosial. Oleh karena itu dalam ideologi pancasila mengakui atas kebebasan hak – hak masyarakat.
Berdasarkan sifatnya ideologi pancasila bersifat terbuka yang berarti senantiasa mengantisipasi perkembangan aspirasi rakyat sebagai pendukung ideologi serta menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Ideologi pancasila pun senantuasa menjadi wahana bagi tercapainya tujuan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar